Soal Diesel Engine
YAYASAN
PENDIDIKAN BHAKTI
STATUS : TERAKREDITASI
1. Teknik Alat Berat A 2. Teknik Kendaraan Ringan 3. Teknik Komputer dan Jaringan
NSS :
32.2.16.02.25.003 NDS
: 4216040008
Alamat
: Jl. Gerbang Dayaku Loa
Janan Kab. Kutai Kartanegara Telp. 260233 Kp. 75391
SOAL SEMESTER
GANJIL
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
Mata
Pelajaran
|
:
Diesel Engine III
|
Hari/Tgl
|
:
Sabtu, 17 Desember 2011
|
Kelas/Jurusan
|
:
XII – 8 dan 9 / TAB
|
Waktu
|
:
90 menit
|
Guru
|
:
Doni Setiawan, MT, M.Pd
|
Skor
|
:
Tertutup
|
Petunjuk
Soal
1.
Jawablah
peryantaan dibawah ini dengan benar dan singkat !
2.
Berilah
tanda silang (X) pada jawaban yang anda anggap benar, di lembar jawab yang tersedia
3.
Sebelum
dikumpulkan periksalah kembali jawaban anda, dan silakan meninggalkan ruangan.
4.
Berdoalah
sebelum bekerja “SELAMAT MENGERJAKAN”.
1.
Definisi
engine adalah….
a.
Suatu
alat penggerak yang menghasilkan suatu tenaga melalui suatu proses tertentu,
dimana proses thermis dirubah menjadi mekanis.
b.
Suatu
alat penggerak yang menghasilkan suatu tenaga melalui suatu proses tertentu,
dimana proses pembakaran dirubah menjadi proses tenaga mekanis.
c.
Suatu
alat penggerak yang menghasilkan suatu tenaga melalui suatu proses tertentu,
dimana proses chemikal dirubah menjadi mekanis.
d.
Suatu
alat yang digunakan sebagai tenaga penggerak dari gerak tegak lurus menjadi
putaran.
e.
Suatu
alat yang biasa digunakan untuk menarik beban
2.
Udara
yang dihisap oleh piston kedalam ruang bakar pada diesel engine berfungsi juga
untuk, kecuali….
a.
Membilas
sisa – sisa gas buang. d. Menghasilkan pembakaran sempurna
b.
Menaikan
tenaga engine e. Mendinginkan ruang bakar
c.
Meningkatkan
compression pressure
3.
Engine
hunting dapat disebabkan karena :
a.
Engine
terlalu panas ( over heating ) d. Oil pump macet
b.
Valve
clearance terlalu renggang e. Injection timing kurang tepat
c.
Udara
masuk kedalam fuel system
4.
Dari
gambar di bawah, engine komponen no.4 adalah :
a.
Connecting
rod cap
b.
Connecting
rod bushing
c.
Connecting
rod bearing shell
d.
Small
end off connecting rod
e.
Large
end off connecting rod
5.
Firing
order pada Komatsu engine ( SA6D125-1 ) 6 silinder yang benar adalah ….
a. 1-4-3-6-2-5 c. 1-5-3-6-2-4
b. 1-5-4-6-2-3 d. 1-5-6-2-3-4
c. 1-4-2-6-3-5
6. Over lapping antara valve intake
dan valve exchaust bermanfaat untuk….
a. Mencegah terjadinya engine
knocking
b. Mencegah terjadinya engine over
heating
c. Terjadinya proses pembilasan sisa
– sisa gas buang.
d. Mencegah terjadinya gas buang
masuk ke intake manifold.
e. Menambah tenaga engine
Komentar
Posting Komentar